UPGRIS Rancang Konsep Perkuliahan Masuki Era New Normal

SEMARANG, suaramerdeka.com – Dunia akademik saat ini dituntut untuk beradaptasi memasuki era new normal alias normal baru di masa pandemi Covid -19. Untuk itu, Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) merancang konsep perkuliahan dan pelaksanaan administrasi kampus dengan menerapkan protokol kesehatan.
Hal tersebut disampaikan Rektor UPGRIS, Dr Muhdi SH MHum, dalam kegiatan Halal Bi Halal Online yang disiarkan langsung lewat aplikasi pertemuan online dari Gedung Pusat lantai 2 dan diikuti 323 dosen dan karyawan dari tempat mereka masing-masing, Selasa (26/5) kemarin. Dia menambahkan nantinya sistem perkuliahan akan diatur sedemikian rupa agar jarak mahasiswa saat kuliah terjaga.
”Mungkin bisa pakai shift atau penjadwalan. Dengan demikian pembelajaran akan sebagian tatap muka sebagian online
,” kata Muhdi.
Pihaknya juga akan menerapkan protokol kesehatan secara menyeluruh di kampus. Sebagai bentuk penerapannya, UPGRIS  menyiapkan pemeriksaan menyeluruh kepada sivitas akademikanya sebelum masuk kampus.

”Seluruh sivitas akademik kami imbau untuk membiasakan diri mencuci tangan sesering mungkin. Selain itu juga selalu jaga jarak aman saat proses perkuliahan dan urusan administrasi,” lanjut Muhdi.
Sementara itu Ketua YPLP PT PGRI Semarang, Dr Bunyamin MPd mengapresiasi rencana UPGRIS untuk menerapkan protokol kesehatan. Dia juga menyebut era new normal akan menjadi kriteria baru dalam tata cara kehidupan baru. ”Untuk itu, kampus dan lembaga birokrasi dikatakan harus menyiapkannya sebaik mungkin,” katanya di kesempatan yang sama.
Pembina YPLP PT PGRI Semarang, Widadi SH juga mendukung protokol kesehatan yang akan diterapkan di UPGRIS demi memutus mata rantai Covid. Menurutnya dalam menghadapi Covid-19 ini harus disikapi dengan optimisme. ”Musibah ini melatih kesabaran kita semua,” kata Widadi.

sumber suaramerdeka.com
https://www.suaramerdeka.com/regional/semarang/229960-upgris-rancang-konsep-perkuliahan-masuki-era-new-normal